Firmino Sebagai Kartu As Lini Serang Liverpool

0
239
roberto firmino

Di antara ketiga penyerang Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah menerima sorotan lebih banyak daripada Roberto Firmino. Bagus Salah ataupun Mane sama-sama menjadi pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris (bersama Aubameyang) musim lalu dengan 22 gol.

Firmino cuma mencetak 12 gol sepanjang musim 2018/19. Tapi siapa sangka, justru Firmino-lah yang adalah kunci permainan penting bagi Liverpool.

Jose Mourinho mengatakan pada sebuah wawancara di Skysports, Firmino merupakan pemain yang tak dimiliki Arsenal di lini serang sehingga membikin trio lini serang mereka tak seberbahaya Liverpool. Pasca perlombaan melawan Burnley, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengatakan bahwa Firmino merupakan pemain khusus yang tak banyak ditemukan di klub lain. Bek kiri Liverpool, Andrew Robertson, juga mengatakan bahwa Liverpool akan kesusahan menghadapi lawannya dikala Firmino tak dapat bermain.

Satu model perlombaan yang masih belum terlalu lama terjadi merupakan dikala Liverpool menghadapi Chelsea di perlombaan Piala Super Eropa. Dikala itu Firmino dalam situasi belum fit 100% sehingga Klopp tak memasukannya ke dalam susunan Line-up. Klopp memasang Alex Oxlade-Chamberlain di lini serang. Liverpool kemudian ketinggalan 0-1 melalui gol yang dicetak Pulisic dan mengalami kebuntuan di babak pertama dengan cuma melepaskan 3 shot on sasaran. Klopp kemudian memasukan Firmino di babak kedua dan cuma butuh waktu 3 menit hingga Firmino memberikan imbas bagi Liverpool. Pada menit ke-48 asisnya berbuah gol bagi Sadio Mane. Permainan Liverpool menjadi lebih cair di babak kedua dengan sempurna melepaskan 6 shot on sasaran di babak kedua.

Seperti apa hakekatnya peran pemain asal Brasil ini di Liverpool? Dia didatangkan ke Liverpool pada tahun 2015 dari Hoffenheim sebagai gelandang serang. Tapi cederanya Daniel Sturridge di musim itu membikin Brendan Rodgers memindahkan posisi Firmino sebagai penyerang tengah. Absensi Jurgen Klopp ke Liverpool malahan tak mengembalikan posisinya ke gelandang serang, Klopp justru kian memantapkan posisi Firmino di lini serang Liverpool.

Lalu apakah Firmino merupakan striker Liverpool? Brendan Rodgers tak sepakat seandainya Firmino dikatakan sebagai penyerang Liverpool. Posisinya sedikit lebih mundur dari garis pertahanan lawan. Ia bukan pemain yang berdiri paling depan di Liverpool. Tapi ia juga bukan gelandang serang. Jurgen Klopp yang acap kali memainkan formasi 4-3-3 lazimnya akan menempatkan 2 gelandangnya di belakang barisan trio penyerang. Klopp tak memainkan formasi dengan pemain gelandang serang.

Firmino memainkan peran sebagai pemain yang berdiri di antara barisan gelandang dan barisan pertahanan lawan. Peran ini memberikan banyak profit bagi permainan Liverpool. Lomba pertama merupakan adanya Firmino di posisi hal yang demikian membikin jarak antar lini Liverpool tak terlalu jauh. Lomba kedua, Firmino memberikan ruang bagi Salah dan Mane untuk menikam ke kotak pinalti lawan. Inilah yang membikin Mane dan Salah lebih banyak mencetak gol daripada Firmino.

Walaupun lawan Burnley dua minggu lalu menunjukan bagaimana Firmino mempunyai peranan penting bagi Liverpool. Tapi bermain tandang, Liverpool menang gampang dengan nilai 3-0 di perlombaan hal yang demikian. Burnley memainkan formasi 4-4-2 yang membikin mereka meraih 3 nilai di minggu pertama, dan sempat menyulitkan Arsenal di minggu kedua sedangkan akibatnya mereka keok. Dua gelandang Burnley di tengah, Ashley Westwood dan Jack Cork, merupakan ragam gelandang petarung yang menyulitkan lawan mengalirkan bola di tengah. Arsenal yang memainkan poros ganda di tengah diwujudkan kesusahan menembus pertahan Burnley di babak pertama pengaruh aliran bola mereka terhalang kedua pemain ini.

Tapi Liverpool tak mengalami kesusahan yang sama dengan Arsenal. Formasi 4-3-3 Liverpool membikin mereka unggul jumlah pemain di lini tengah. Cork dan Westwood sepatutnya menghadapi 3 gelandang Liverpool di tengah. Karenanya ini kian menyulitkan Cork dan Westwood dengan absensi Firmino di zona permainan mereka. Pertarungan di zona tengah malahan tak lagi pertarungan Cork dan Westwood melawan 3 gelandang Liverpool, tetapi Cork dan Westwood melawan 3 gelandang Liverpool plus Firmino.

Saksikan highlights perlombaan Burnley vs Liverpool melewati tautan berikut ini. (klik di sini)

Posisi Firmino juga memungkinkannya untuk melaksanakan pressing ke barisan pertahanan lawan, ataupun gelandang lawan. Kejeniusannya tak jarang kita memandang Firmino sukses merebut bola di zona hal yang demikian. Salah satunya merupakan terjadinya gol kedua Liverpool melawan Burnley. Intersep Firmino di zona pertahanan lawan diterukan dengan umpannya terhadap Sadio Mane yang kemudian berbuah gol.

Akhir minggu ini Liverpool akan menghadapi Newcastle United. Steve Bruce memainkan formasi bertahan 5-4-1 dengan cuma menempatkan Joelinton sebagai penyerang tunggal di depan. Liverpool tentu akan kesusahan untuk menembus pertahanan Newcastle dari sisi sayap. Mane dan Salah juga tak dapat leluasa masuk ke kotak pinalti Newcastle pengaruh adanya 3 bek tengah yang berada di kotak pinalti Newcastle.

Lagi-lagi peran Firmino akan sungguh-sungguh krusial bagi Liverpool di perlombaan ini. Lomba dalam memanfaatkan ruang di antara barisan gelandang dan pemain bertahan dapat menjadi permulaan terciptanya lubang di zona pertahanan Newcastle. Lubang inilah yang kemudian menjadi jalan masuk bagi Sadio Mane dan Mohammed Salah untuk mencetak gol bagi Liverpool.

Walaupun Liverpool vs Newcastle United ini bisa Anda saksikan melewati Mola Matrix atau Mola Polytron Streaming.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here